Pengikut

Senin, 25 Mei 2015

CIRI BATU HIJAU GARUT YANG ASLI SERTA JENIS-JENIS NYA


CIRI BATU HIJAU GARUT YANG ASLI SERTA JENIS-JENIS NYA


Ciri batu hijau garut yang asli Serta jenis-jenis nya
Semakin mahal n jarangnya batu hijau garut, maka semakin banyak cara yang dilakukan oleh pedagang untuk modus. Pertama dengan melakukan pewarnaan pada batu lain sehingga terlihat hijau seperti batu garut. Yang kedua dengan menggunakan batu garut imitasi.


Adapun cara atau tips untuk memilih batu hijau garut yang asli adalah sbb:
1. Memiliki warna hijau yang intensif di seluruh permukaan.
2. Jika disorot lampu, didalamnya dapat ditemui serat kayu dan gelembung yang menyerupai awan.

3. Batu yang telah mengalami proses dyed (pewarnaan) memiliki warna yang lebih pekat di sisi permukaan.
4. Batu hijau garut imitasi adalah batu yang terbuat dari kaca atau plastik. Jelas saja Cirinya warna hijaunya terlalu sempurna, tanpa sedikitpun serat atau gelembung di dalam batunya.
Tidak cukup autodidak, kita patut ikut pelatihan, seminar, membaca dan kalo perlu ikut kursus tentang batu mulia.
Adapun persamaan hijau garut dan Idocrase aceh itu adalah batu-batu tsb masih masuk dalam jenis Chalcedony. Demikian pula Batu Bacan, masih masuk ke dalam chrysocola-in-Chalcedony, jadi memang ada kemiripan tapi yang membedakan adalah terdapat chrysocolanya pada bacan.
enis-jenis Hijau Garut Ada dua jenis batu ijo garut, salah satunya yang memiliki kualitas super terbaik adalah jenis chrysoprase yang terdapat pada batu ijo garut ohen, batu dengan jenis chrysoprase ini sangat langka sekali jenis ini paling banyak di buru para kolektor. Harga sudah pasti super mahal , batu ini memang sangat popular baik dari segi kualitas maupun harganya yang selangit.
Tidak sedikit para kolektor yang berburu batu ijo garut ini datang kelokasi penggalian di Kec. Bungbulang dan Caringin, namun ternyata tidaklah mudah, banyak yang berburu batu ijo garut ini pulang dengan tangan hampa. Ada berbagai alasan kenapa mereka pulang dengan tangan hampa, diantaranya adalah batu ijo garut sangat langka, ada juga yang mengatakan harganya diluar logika. terg antung dari keberuntungan saja

Harganyapun masih relatif terjangkau untuk kalangan menengah. Kisaran harga antara 3 jt sampai dengan 20 jt.  Hijau Tosca merupakan salah satu produk terlaris di bungbulang, namun sayangnya bahan untuk jenis Garut Tosca ini sangat sulit sekali di temukan, Kemungkian Batu Tosca Garut akan mengalami lonjakan harga, Terlihat dari beberapa penjual yang sudah mulai menaikan harga jual Rough Toska Garut.

2 komentar:

  1. Klo ciri batu hijau garut asli, apakah diteteskan air akan nyankut nempel tdk buyar apa bgt mksh

    BalasHapus